Rabu, 30 Juli 2008

Tugas TIK. . . Buku Ganeca Exact hal.9/ rom.II

Soal:
  1. Tuliskan 5 hardware (perangkat keras) yang dibutuhkan untuk mengakses internet!
  2. Apa perbedaan antara fungsi internet pada saat pertama kali dirancang dengan internet sekarang ini?
  3. Apa fungsi modem, telepon, dan ISP dalam pengaksesan internet?
  4. Apakah yang dimaksud dengan data digital?
  5. Tuliskan 3 fasilitas internet. Jelaskan!

Jawaban:
  1. Hardware yang dibutuhkan untuk akses internet yaitu : CPU, Hard disk, Monitor, RAM, & Saluran Telepon.
  2. Saat pertama kali, internet dirancang untuk komunikasi dengan jarak tak berhingga/jauh tanpa melalui saluran telepon dalam ruang lingkup hanya untuk perusahaan itu saja (miliknya saja) tanpa melibatkan yang lain, sedangkan internet sekarang ini dapat digunakan sebagai alat operasional yang bisa dikomersialkan untuk masyarakat luas secara umum.
  3. Modem adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog untuk diproses oleh komputer atau demodulasi. Telepon digunakan untuk mengakses internet dengan dial-up connection. ISP digunakan dalam menawarkan jasa pelayanan yang berhubungan dengan internet termasuk biaya penggunaanya.
  4. Data digital adalah data dalam bentuk bilangan biner yang disajikan melalui angka 1-10.
  5. Fasilitas internet antara lain adalah : email yang merupakan surat elektronik yang dikirimkan melalui internet, mailing list adalah ajang bertukar pendapat atau diskusi melalui email, ping adalah cara untuk menghubungkan antara komputer kita dan komputer lain di internet, gopher yaitu suatu sistem yang digunakan oleh pemakai untuk mengakses informasi di komputer lain, serta chat groups yaitu forum untuk memakai internet dengan tujuan agar dapat saling berdiskusi sehingga dapat berbincang-bincang dengan pemakai internet lain yang sedang online.


(Shiammita R. / XI-IPA-2 / 21/ Smanisda)

Tidak ada komentar: